Bus Double Decker Indonesia Yang WAAAHHHH (TELOLETTTTT)

Fenomena Om-Telolet-Om pada beberapa waktu yang lalu berhasil mendunia. Tak pelak hal itu membuat angkutan bus di Indonesia menjadi semakin diperhatikan karena klakson yang menjadi daya tarik tersendiri.

Seiring dengan perkembangan zaman juga membuat fasilitas yang disediakan oleh bis sekarang sudah tergolong sangat mewah. Seperti pada bus double decker yang menyediakan kelas super eksekutif yang menyediakan fasilitas layaknya pada pesawat terbang.

  1. Lorena – Karina
peluncuran-bus-double-decker-lorena-karina_20170607_060936
Source Google.com

Diyakini sebagai pelopor dalam penyedia jasa transportasi bis antar kota. Sebanyak 12 bus double decker disiapkan untuk melayani berbagai trayek Antar Kota Antar Provinsi (AKAP). Menggunakan mesin merek Mercedes Benz OC 500 RF 2542 dan termasuk ke dalam bus tipe triple axle. Bus ini menggunakan mesin diesel tipe OM457LA yang dikenal tangguh dan efisien untuk transportasi darat jarak jauh. Selain mengangkut penumpang bis ini juga melayani pengiriman barang.

Mesin berkapasitas 11.967 cc ini sudah dilengkapi dengan turbo intercooler yang mampu menghasilkan tenaga maksimum  310 Kw (422 horse power) pada 2.000 RPM dan torsi tertinggi pada 1.900 Nm pada 1.100 rpm.

  1. Putera Mulya
bus-putera-mulya-pumas-2
Source Google.com

Setelah memberikan gebrakan dengan mengeluarkan deretan armada bermesin Mercedez- Benz OH 1836 O500R kelas SHD (Super High Decker), sekarang Putera Mulya kembaliu meluncurkan 2 armada baru tipe Double Decker bermesin Scania K410iB yang merupakan saingan dari Mercedes chassis 3 axle Mercedes.

Bus ini sendiri melayani trayek Jakarta – Wonogiri. Dengan tarif 225 ribu untuk upper deck dan 325 ribu untuk kelas Elegant deck (bawah), bus ini sangat cocok untuk menjadi mitra perjalanan anda.

  1. Efisiensi
Bus Efisiensi Double Decker
Source Google.com

PO yang berasal dari Kebumen ini selalu tidak mau kalah untuk urusan kenyamanan dan fasilitas juga penggunaan bus yang terbaru. Kini PO Efisiensi memiliki bus kelas Double Decker. Walaupun tidak digunakan untuk trayek AKAP regular dan hanya untuk urusan VVIP weekend, tetapi bus ini tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelanggannya. Bus Efisiensi Jetbus 2 SDD Adiputro ini dibangun diatas chassis Mercedes-Benz OC500RF 2542. Mercedes-Benz OC500RF 2524 merupakan bus triple axle delapan roda. Bus ini juga seringkali menyediakan pengiriman murah untuk pelanggan setianya.

  1. Nusantara
images_2014_Bus_Karoseri_Nusantara_Gemilang-640x379
Source Google.com

Memiliki bus bersasis MAN R37 asal Jerman dengan bodi Double Decker (bertingkat), dikerjakan oleh karoseri Nusantara Gemilang yang berasal Kudus, Jawa Tengah. Memiliki desain eksterior yang terinspirasi dari bodi MAN Neoplan. Apabila dibandingkan dengan bus antarkota reguler, MAN R37 Double Decker memiliki ground clearance yang terbilang rendah.

Meski tinggi, namun efek limbung saat berbelok terbilang cukup minim. Hal ini dikarenakan bis  bermesin 12.500cc dengan tenaga 460 dk ini didukung dua ban tambahan di bagian belakang, serta suspensi udara aktif. Sehingga kestabilan dan kenyamanan dapat terjaga. Bahkan di dek bawah, rasanya lebih mirip naik sedan ketimbang sebuah bis.

  1. Sempati Star
sempati-star-double-deck-1
Source Google.com

Po Sempati Star, salah satu Po dari Aceh yang mempelopori penggunaan Bus Tingkat untuk rute luar kota di Pulau Sumatera, tak tanggung tanggung rute yang ditempuh adalah Medan-Bandan Aceh sejauh hampir 600 km. bus ini tidak hanya melayani penumpang saja tetapi juga menyediakan jasa pengiriman mengingat sulitnya medan di pulau Sumatra.

Semua bus double decker sempati star di buat dikaroseri Adiputro Malang, dengan menggunakan  chasis top of the line dari pabrikan terkenal benua eropa apalagi kalo bukan Scania K410 dan Mercedes Benz OC 500 RF 2542. kedua chasis tersebut sudah dilangkapi dengan air suspension dan stabilizer terbaik, sehingga mampu meredam guncangan dengan baik serta mampu membuat bus stabil ketika di jalanan luar kota. Muntahan tenaga dari kedua chasis tersebut juga diatas 400 hp, lebih dari cukup untuk membawa bus double decker ini berlari kencang.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s