Bandara Unik dan Extreme yang ada di Indonesia

Berpergian dengan pesawat memang sangat menyenangkan dan praktis, maka dari itu lah transportasi udara menjadi favorit untuk melakukan berjalanan baik itu untuk berlibur, kerja, atau sekedar untuk berkunjung ke teman atau sanak saudara.

washington_dulles_international_airport_at_dusk
Wikipedia

Bandara sendiri merupakan sebuah fasilitas dari tempat pesawat terbang untuk dapat lepas landas dan mendarat. Bandar udara yang paling sederhana minimal memiliki sebuah landas pacu namun bandara-bandara besar biasanya dilengkapi berbagai fasilitas lain, baik untuk operator layanan penerbangan maupun bagi penggunanya hingga di lengkapi peralatan canggih dan keteraturan yang begitu nyaman. Bandara sendiri menjadi nadi lalu lintas berpergian dan pengiriman barang.

Dan di Indonesia sendiri yang terdiri dari berbagai pulau, bandara menjadi sangat penting untuk saling menyambungkan antara 1 pulau ke pulau lagi, dan menjadi tujuan pertama para jasa pengiriman untuk mengirimkan barang dari daerah satu ke daerah lain. Tapi tau kah kamu ada beberapa bandara unik dan terkesan menantang di Indonesia, berikut beberapa bandara unik dan menantang di Indonesia :

  • Bandara Hasan Aroeboesman.
115224965
Panoramio

Bandara H Hasan Aroeboesman sendiri adalah pintu masuk ke Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kamu mungkin akan singgah ke Bandara ini apabila ingin berwisata ke Danau Kelimutu yang sangat tersohor keindahannya.

Dengan panjang runway 1.650 meter dan lebar 30 meter, bandara ini mampu melayani penerbangan dengan frekuensi 6-12 penerbangan per hari. Untuk rute Denpasar-Ende serta Ende-Kupang yang dilayani oleh Maskapai Merpati Airlines, Wings Air dan Transnusa serta didarati oleh pesawat jenis ATR 72 dan MA 60.

Ruang check-in bandara ini mampu menampung sebanyak 3-6 maskapai, 80 set kursi baru, sarana pendingin ruangan sebanyak 15 unit serta kapasitas ruang tunggu. Ruang tunggu ini semula hanya mampu memuat  40-50 orang. Namun saat ini dapat menampung 180-200 orang, sehingga sangat nyaman bagi calon penumpang yang bepergian melalui Bandara ini.

Walaupun memliki pemandangan yang sangat indah dengan dikelilingi laut dan gunung, Bandara H Hasan Aroeboesman mungkin merupakan salah satu bandara yang cukup ekstrem di Indonesia. Karena untuk pesawat harus berbelok 90 derajat sesaat setelah lepas landas atau sebelum landing. Ini di sebabkan oleh adanya gunung beberapa kilometer dari ujung runway atau landasan pacu.

  • Bandara Wamena, Jayawijaya Papua
114285_620
Tempo.co

Sebuah bandara sudah indektik dengan kenyamanan dan aman, tapi untuk bandara wamena sedikit berbeda, bandara ini  dibangun dengan menggunakan kayu beratapkan seng sederhana merupakan gambaran bandara Wemena sebelum renovasi dimulai pada 2014.

Awalnya bandara ini menjadi satu-satunya bandara di Pegunungan Papua yang hanya bisa didarati pesawat berbadan lebar seperti Hercules milik TNI. Hal ini disebabkan kondisi bandara yang berada di ketinggian dan dikelilingi pegunungan yang sangat tinggi menyebabkan tidak sedikit kecelakaan pesawat mulai dari skala kecil hingga besar terjadi di bandara ini.

Misalnya kebakaran yang menimpa pesawat Es Nop milik maskapai penerbangan Eusia Antonov pada 21 April 2002, dan yang terbaru yaitu patahnya roda pesawat Caravan saat mendarat di landasan bandara pada 9 November 2016. Kondisi bandara serta letak bandara yang berada di ketinggian tersebut juga yang menyebabkan bandara ini mendapat julukan “bandara ajaib” oleh para pelancong.

Tapi dari sulitnya bandara ini, bandara ini merupakan nadi para masyarakat wamena dalam mengirimkan barang untuk pasokan kehidupan sehari hari, agar terhindar dari biaya hidup yang mahal untuk itu lah pengiriman murah sangat sulit dari bandara ini.

  • Bandara Husein Sastranegara, Bandung
bandung-husein-sastranegara-international-airport-indonesia-1
BizBilla.com

Banyak dari bandara terletak di alam terbuka dan jauh dari hiruk pikuk, ini sedikit berbeda dengan bandara Husein Sastranegara berada persis ditengah-tengah pemukiman penduduk.

Saat kamu lepas landas di bandara ini kamu akan merasakan seperti terbang melalui rumah-rumah penduduk yang sangat dekat. Bahkan kamu bisa melihat kenderaan-kenderaan yang melaju disekitar bandara dengan sangat jelas.

Bandara Husein hanya memiliki satu runway dan tergolong pendek. Kondisi bandara seperti ini tergolong bahaya, karena itulah pesawat harus terbang tinggi di atas bandara terus memutar agar bisa mendarat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s