Kendaraan terjebak banjir, begini menanganinya

Kamu tau akhir – akhir ini cuaca di daerah Ibukota Jakarta sudah mulai diguyur dengan hujan yang tak menentu dan terjadi hampir setiap hari. Dengan adanya hujan mau tau mau kegiatan keseharian kamu akan sedikit terganggu terlebih kamu yang sehari hari berada di luar ruangan seperti jasa pengiriman, kurir atau perkerja lapangan.

67061486-rain-wallpapers
http://www.hutui6.com/

Dengan adanya hujan setiap hari ini membuat banjir, karena air hujan  tentu air tidak akan langsung masuk ke saluran pembuangan air, melainkan air yang turun akan menjadi genangan. Dan genangan air tersebut lama-lama akan semakin menumpuk dan menjadi banjir.

Terlebih jalanan di ibu kota memang mudah sekali tergenang banjir akibar buruknya drainase yang ada, dengan begitu untuk kamu yang sering berkendara di jalanan pasti mengkuatirkan terjebaknya banjir.

Banyak kendaraan terendam oleh air, ada yang terendam hanya sampai roda saja, dan ada juga yang terendam hingga seluruh bodi mobil.

Dengan adanya banjir ini pasti kegiatan kamu sehari hari akan terganggu, malai dari berkerja, mengantarkan pengiriman barang ataupun berpegian.

Untuk itu kamu harus bisa setidaknya mempersiapkan diri untuk penyelamatan darurat untuk kendaraan kamu agar mencegah kerugian yang lebih besar. Penangan darurat yang bisa kamu lakukan yaitu :

  1. Memutus semua sumber kelistrikan.
mobil-listrik-1
m.energitoday.com

Langkah yang paling pertama dilakukan adalah kamu harus melepaskan kabel aki di terminal plus. Hal itu sangat penting dilakukan ntuk mencegah terjadinya korsleting. Karena meskipun mesin mobil dalam kondisi off, namun biasanya sistem kelistrikan mobil masih menyisakan aliran listrik kebeberapa perangkat elektronik mobil. Bila kabel aki tak segera diputus maka akan mengakibatkan kerusakan pada sistem kelistrikan mobil.

  1. Pindahkan mobil dengan mendorongnya.
matic-mogok-dt-201401020719481
Wartabuana.com

Ketika banjir telah surut dan kemudian kamu ingin memindahkan mobil, maka pindahkanlah dengan cara mendorongnya dan jangan sesekali kamu menyalakan mesin mobil terlebih dahulu. Karena dengan menyalakan mesin sama saja akan memicu hubungan arus pendek pada sistem kelistrikan. Selain itu, jika sisa air masuk ke saluran isap udara ke ruang bakar, maka akan terjadi water hammer di mesin sehingga akan mengakibatkan mesin akan menjadi jebol.

  1. Coba nyalakan mobil di tempat yang kering
maxresdefault
YouTube

Setelah mendorongnya ke tempatnya kering dan telah menerjang banjir, cobalah untuk menyalakan kembali. Starter beberapa kali, namun jangan memaksa hingga berlebihan.

Jika sudah berada di tempat yang kering, segera buka kap mesin dan keringkan bagian-bagian mesin. Khususnya yang terkait dengan kelistrikan. Gunakan lap kering, kertas koran atau bahkan tisu untuk bagian-bagian kecil yang harus selalu kering. Pastikan part seperti busi, kabel busi, koil dan distributor sudah benar-benar kering.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s