Mari ketahui cara naik pesawat untuk pertama kali

Untuk kamu yang sering berpergian baik untuk travelling dan berkunjung kerumah sanak family pasti kamu sering munggunakan transportasi darat, laut dan udara. Tapi kamu pasti lebih sering menggunakan transportasi darat baik itu bus, kereta atau pun mobil pribadi karena di nilai lebih mudah dan aman.

airport

mustikatravelagent.blogspot.com

Tetapi untuk berpergian perjalanan luar pulau dan luar negeri sebenarnya transportasi udara adalah pilihan kebanyakan orang karena dinilai lebih efisien dan sebenarnya lebih irit biaya dan tenaga.

Karena dengan mode transportasi udara waktu yang ditempuh bisa lebih cepat, contoh penerbangan dari Jakarta ke Medan yang hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan transportasi udara sedangkan jalan dengan transportasi darat yang memakan waktu sekitar 4-5 hari perjalanan.

Tapi terkadang transpotasi udara merupakan hal yang tidak umum dan terkesan baru buat kamu yang sering berpergian dengan transpotasi darat.

Dan memang ada cara yang sedikit berberda untuk kamu yang pertama kali naik pesawat terbang, dan mungkin kamu akan sedikit kebingungan.

Untuk itu kamu harus mengetahui prosedur dan bagaimana tata cara agar bisa terbang dengan pesawat berikut tipsnya :

  1. Usahakan datang tempat waktu.

airport-coworking

serendipitylabs.com

Datang lah ke bandara lebih awal, karena jika terlambat maskapai pesawat tidak akan menunggu kedatangan kamu. Usahakan lah datang 2 jam sebelum keberangkatan karena banyak hal yang akan kamu urus sebelum berangkat.

Karena proses sebelum keberangkatan cukup banyak seperti dari pemeriksaan keamanan, check in, hingga berjalan ke ruang boarding yang lumayan memakan waktu.

  1. Pemeriksaan Keamanan.

airport-31

jcfstrategy.com

Ini yang sangat membedakan transportasi udara dengan transportasi darat, di bandara itu sangat ketat soal keamanan dan kamu akan di biasanya pemeriksa keamanan hingga dua kali.

Pertama saat check in, kamu akan melewati metal detector dan diminta melepas semua logam dari tubuh kamu, mulai dari arloji, ponsel, dll. Agar bisa terdeteksi barang berbahaya.

Lalu yang kedua adalah pemeriksaan keamanan sebelum naik pesawat, disini juga terdapat Metal detector yang focus mendektisi cair yang kamu bawa. Jangan membawa benda cair melebihi 100 ml ke dalam kabin, karena pihak keamanan bakal mengambil bawaan kamu.

  1. Check In.

athens_international_airport_check_in_desks

commons.wikimedia.org

Proses Check In ini ada proses untuk mecocokan tiket pesawat kamu dengan kartu  identitas seperti KTP. Loket yang kamu harus datangi adalah loket sesuai dengan maskapai yang akan kamu gunakan, lalu siapkan juga tas yang akan masuk bagasi.

Ketika menunjukkan KTP kepada petugas kamu akan mendapatkan print-out tiket pesawat, lalu kamu bisa tunjukan itu ke petugas check in.

Kemudian tas kamu yang akan di masukan di bagasi bisa diletakkan ditimbangan yang berada di sebelah petugas. Kemudian, tas akan dilabeli dan akan mendapatkan bukti nomor tas yang masuk bagasi. Jangan hilangkan bukti nomor ini karena akan berguna ketika kemudian anda mengambil tas.

  1. Boarding Room.

475114616

www.gettyimages.com

Boarding Room adalah tempat kamu menunggu sebelum keberangkatan, kamu harus selalu memperhatikan tiket boarding pass yang kamu dapatkan saat check in tadi.

Di situ ada petunjuk ruang dan gate mana kamu harus menunggu pesawat. Dan juga selalu perhatikan juga jam boarding dan jam terbang pesawat. Jika sudah, menunggulah di ruang boarding yang telah ditentukan.

  1. Pengumuan Status pesawat.

bandara-bil-lombok1

zulfikaralex.wordpress.com

Ketika kamu duduk di bording room kamu akan sering mendengar petugas pesawat mengumumkan rute pesawat, yang harus perhatikan adalah tetapi nomor penerbangan kamu, pastikan sesuai dengan tiket maskapai yang akan kamu naiki.

Lalu jangan lupa mematikan ponsel sebelum naik pesawat, dan ketika petugas sudah menyebutkan nomer penerbangan kamu segeralah antri di depan pintu boarding. Siapkan KTP dan boarding pass.

Begitu proses yang biasanya selalu terjadi di bandara, karena di bandara itu sangat ramai banyak kegiatan penerbangan dan juga tempat pengiriman paket barang dan dokumen para petugas expedisi.

Biasakan untuk langsung memakai sabuk pengaman ketika duduk untuk keselamatan kamu dan segera matikan ponsel kamu. Duduk dengan tenang dan perhatikan petunjuk keselamatan penerbangan yang diperagakan awak kabin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s