Tips Berkendara Saat Hujan

Saat ini cuaca dijakarta sering terjadi hujan yang deras dan angin kencang, hujan tersebut terkadang menjadi faktor penyebab terjadinya kecelakaan karena menyebabkan jalan licin dan membuat jalan berlubang tidak terlihat akibat genangan air, untuk itu untuk kamu harus berhati hati karena bisa membahayakan saat berkendara dijalan.

179239913

www.news1130.com

Terlebih ketika hujan semakin deras dapat membuat jarak pandang semakin pendek yang tentunya semakin membuat resiko kecelakaan semakin tinggi. Terlebih ditambah dengan perilaku pengendara lain yang kamu harus waspadai karena kebanyakan ketika hujan pengendara cenderung ugal-ugalan karena ingin cepat-cepat sampai dan melalui hujan tersebut.

Maka dari itu kamu harus lebih berhati hati dan terus meningkatkan kewaspadaan agar tetap aman dan selamat saat berkendara meski kondisi jalan sedang hujan lebat sedang turun. Berikut ini adalah tips untuk kamu ketika berkendara saat hari hujan :

  1. Pastikan Lampu dalam keadaan baik

800px-driving_in_the_monsoon_rain_8000987873

commons.wikimedia.org

Pastikan lampu kendaraan kamu berfungsi dengan baik karena memiliki manfaat membantu kamu menambah jarak pandang yang terbatas yang disebabkan oleh hujan. Lampu juga memiliki fungsi untuk pemberi tahu pengendara lain melihat kendaraan kamu.

  1. Tekanan udara ban normal

5_2_1_1__001-tirewheel

www.atsautomation.com

Ban memiliki peran penting ketika hujan, selalu pastikan kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan kamu untuk melayang di atas air (aquaplaning) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis.

  1. Gunakan Mantel Ujan yang nyaman

zb-yymtc-025-01

global.rakuten.com

Untuk kamu pengendara sepeda motor ketika hujan kamu pasti menggunakan matel saat hujan, gunakan lah mantel atau jas hujan yang nyaman, karena bila tidak nyaman akan mengganggu konsentrasi kamu dalam berkendara.

  1. Jalan dengan perlahan dan Kurangi Kecepatan

430416

timesofoman.com

Untuk mengurangi resiko hal yang tidak diinginkan, kurangi kecepatan kendaraan kamu agar lebih mudah dikendalikan. Karena kondisi permukaan jalan pasti sangat licin sehingga lebih rentan mengalami slip. Untuk itu kamu harus tetap bisa mengendalikan kendaraan.

  1. Hidari mengerem mendadak

braking

www.comedytrafficschool.com

Ketika kondisi jalan hujan deras pasti sangat licin terlebih lagi jika terdapat pasir dan debu, maka dari itu kamu harus pelan dalam menekan pedal rem karena kondisi aspal berbeda dengan saat kondisi aspal kering dan panas. Untuk menghindari rem mendadak, karena bisa membahayakan kamu dan pengendara lain.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s